Tuesday, January 9, 2007

Kualitas Ekstra Pemimpin “Untouchable”


Dia jenius, Dia memang beda, adalah komentar kagum yang tak habis-habisnya dilontarkan bila seseorang berada di bawah pemimpin yang ‘kuat’. Bawahan kerap merasa bahwa kapasitas dan kualitas pemimpinnya terlalu istimewa dan langka. Rasa kagum dan segan ini tidak pernah boleh menjadi penghambat, tetapi justru perlu menjadi sumber ‘benchmark’ bawahan untuk mengembangkan kepemimpinan dirinya.

Meskipun banyak orang melihat pemimpin sebagai seseorang yang berkharisma, mengagumkan dan “untouchable”, namun sesungguhnya pemimpin yang lebih sukses itu adalah yang mudah diakses dan lebih “down to earth”. Kompetensinya dalam membuat terobosan, arah dan strategi-lah yang membuatnya berbeda dan disegani orang lain.

Profesional perlu tetap menumbuhkan kualitas ekstra di atas bila ia suatu saat ingin mampu menggiring kelompok, menentukan arah, mengembangkan bisnis, membuat terobosan, mengangkat semangat komitmen, dan mengoptimalkan talenta yang ada dalam kelompok. Ia pun perlu membuat strategi untuk bisa tetap mengakses “grassroot”-nya. Kemampuan strategik ini bisa dikembangkan setiap orang asal dia mau belajar dari lingkungan profesinya. Latihan berstrategi ini bisa dilakukan individu di setiap level organisasi dengan membiasakan berpikir, membuat usulan dan proposal untuk mendapat kesempatan ber-kreativitas dan berlatih memecahkan masalah sejak dini, bukan menikmati tugas pelaksanaan saja.


source: EXPERD


Labels:

0 Komentar:

Post a Comment

<< Home